Sabtu, 04 Mei 2019

Roti Legendaris "Bluder Cokro Madiun"

Bluder Cokro

Gambar terkait
Toko Bluder Cokro Pertama di Jl. Cokroaminoto no. 36 Madiun
  Roti yang berasal dari negeri kincir angin Belanda ini memiliki keistimewaan tersendiri. Di kota Madiun ada pabrik yang terkanal yaitu Roti Bluder Cokro Madiun, adalah pelopor naik daunnya oleh-oleh khas Madiun. Roti Bluder Cokro sebenarnya sudah ada sejak sejak tahun 1989. Cita rasa, tekstur hingga banyak varian rasa unik yang tersedia menjadi ciri khas Roti Bluder Cokro Madiun yang pabriknya berada di Jalan Cokroaminoto nomor 36, Kota Madiun, Jawa Timur.

Hasil gambar untuk gambar toko bluder cokro di jalan hayam wuruk
Toko Bluder Kedua di Jl. Hayam Wuruk no. 51-53 Madiun
    Kini roti ini mulai populer dan menjadi roti favorit dari kalangan artis hingga anak pak Presiden. Banyak para artis dan anak Pak Presiden sering memborong kue bluder yang sangat lembut ini. Bahkan bapak SBY juga sering membeli Roti Bluder Cokro ini di Madiun, meskipun melalui ajudannya, ungkap Head Chef Bluder Cokro Madiun, Sri Widodo.

Hasil gambar untuk gambar roti bluder cokro
     Roti Bluder Cokro ini unggul pada rasa, teksturnya super lembut dengan bentuk khas yang begitu menggoda. Kini sudah banyak varian rasa yang diproduksi ada sekitar 14 varian rasa yaitu rasa original, rasa coklat, keju, kismis, strawbery, blueberry,nanas, smoked beef, nutella, abon sapi, abon ayam,  teh hijau, dll.





Hasil gambar untuk gambar roti bluder cokro
 Tak hanya itu, teknik pembuatannya yang berbeda menjadikan rasa dan tekstur roti ini berbeda dengan bluder-bluder lainnya. Pembuatannya masih menggunakan cara tradisional di pabriknya, seperti pakai geblok dan biang dengan babonan. Namun tetap menggunakan  bahan-bahan pilihan khusus dengan kualitas terbaik. Tidak tanggung-tanggung pemilik Bluder Cokro Madiun mendatangkan beberapa bahan dari Eropa seperti butter lantaran di Indonesia belum ada. Meski bahan baku didatangkan dari luar negeri namun dijamin halal karena ada sertifikat halal dari MUI.
Kue Blude Lembut dan Lezat
     Tekstur serat dalam potongan Roti Bluder Cokro yang memang super lembut, gigitan pertama akan terasa sekali enaknya. Di dalamnya berwarna kekuningan, ini  bukan dari pewarna buatan ya, namun aseli dari kuning telur.
     Perolehan tekstur lembutnya berasal dari proses digeblok (dalam bahasa Jawa), atau dibanting-banting, dimana dalam sekali pembuatan adonan bluder melewati 2 kali proses ini. Roti Bluder murni dibuat tanpa bahan pengawet, pewarna, ataupun obat-obatan roti lainnya, bahan hanya terigu, telur, mentega (butter), ragi, dan gula.
     Roti Bluder Cokro punya ukuran yang relatif besar, dengan bentuk kotak yang begitu menggoda dan terlihat sangat empuk. Saking empuknya, penempatan Roti Bluder Cokro ini kudu super hati-hati, tidak bisa ditumpuk karena roti bisa langsung jadi gepeng. Sehingga untuk packagingnya, Bluder Cokro memberikan kemasan dengan kardus yang kuat untuk pemesanan paket tertentu.
     Satu bluder cokro dijual mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 10.000. Satu roti bluder ini bisa bertahan hingga 6 hari.Bagi pembeli yang ingin mendapatkan kemasan kardus minimal membeli sepuluh buah.
   Dalam satu hari, roti Bluder Cokro bisa terjual sampai 9.000 buah. Selain menjual langsung di pabrik pembuatannya, Bluder Cokro Madiun juga memiliki outlet di beberapa kota yakni Magetan, Ponorogo, Malang, Caruban dan Surabaya bahkan ada juga yang di Bandung, outlet buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00 WIB.

1 komentar: